Senin, 18 Februari 2013

Istilah dalam SQUID.CONF


Pengertian Proxy
Secara terminologi istilah proxy dapat diartikan sebagai seseorang/lembaga yang bertindak sebagai perantara atau atas nama dari orang lain/lembaga dalam suatu hal. Namun dalam dunia jaringan komputer, istilah proxy berarti komputer yang berfungsi sebagai perantara antara client dan server dalam jaringan komputer.

Fungsi Proxy
Proxy memiliki 3 fungsi utama, yaitu:

a. Firewall
Proxy bekerja pada layer aplikasi (dalam OSI Layer), maka filtering yang dilakukan oleh proxy lebih "cerdas" daripada firewall biasa. Proxy web server dapat mengecek URL dari outgoing request (permintaan akses keluar) untuk halaman web. Dengan kemampuan ini, administrator dapat melarang atau mengizinkan akses ke domain tertentu. Firewall biasa tidak dapat melihat nama domain di dalam pesan tersebut, karena firewall hanya memeriksa header paket data.

b. Gateway
Untuk dapat mengakses internet, sebuah komputer harus memiliki sebuah IP public. Untuk dapat mengakses internet secara bersama‐sama dengan menggunakan satu IP public, dibutuhkan sebuah komputer yang  emiliki IP public, yang digunakan sebagai gateway komputer‐komputer lain. Dalam hal ini, proxy server juga berfungsi sebagai gateway. Server ini mempunyai dua interface, untuk koneksi ke internet dan untuk koneksi ke jaringan lokal.

c. Cache
Fungsi proxy server yang lain adalah untuk web caching. Caching di sini diartikan sebagai penyimpanan internet object (gambar/halaman web) dari suatu website yang sudah pernah diakses, sehingga bila akan mengakses objek yang sama di internet, tidak perlu mengambil dari internet, tetapi cukup dari proxy karena sudah disimpan. Bandwidth yang dipakai pun akan lebih hemat, dan dapat mempercepat akses ke website

File konfigurasi untuk squid adalah squid.conf yang terletak pada direktori /etc/squid/squid.conf. Beberapa konfigurasi penting dari squid.conf adalah:

􀂃 http_port
Mendefinisikan port yang digunakan untuk koneksi dengan client. Defaultnya adalah 3128.
􀂃 icp_port
Mendefinisikan port yang digunakan untuk koneksi dengan proxy lain.
􀂃 cache_mem
Menentukan besar memori yang digunakan untuk menyimpan objek yang pernah didownload.
􀂃 cache_dir
Menentukan direktori penyimpanan objek yang disimpan.
􀂃 http_access
Menunjuk alamat‐alamat yang diperbolehkan atau tidak untuk mengakses proxy.
􀂃 cache_mgr
Alamat Email yang di tampilkan bila proxy tidak dapat menampilkan halaman web
yang diminta.
􀂃 visible_hostname
Informasi di footer bila proxy tidak dapat menampilkan halaman web yang diminta.


isitilah dalam squid.conf
squid.conf
arti dalam squid.conf
fungsi squid.conf
pengertian squid.conf
arti squid.conf

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls