Jumat, 08 Februari 2013

Pengkabelan Twisted Pair Standar T568A & T568B


Standar pengkabelan T568A dan T568B ditentukan untuk kabel “Twisted Pair” atau yang sering kita sebut UTP / STP, hal ini dikembangkan oleh standard organisasi TIA/EIA-568 (EIA) adalah sebuah organisasi yang menetapkan standard untuk komunikasi dengan media kabel.
Alasan mengapa dibuat standarisasi T568A & T568B adalah untuk menghindari terjadinya crosstalk pada jalur komunikasi di kabel utp maupun stp. APA ITU CROSSTALK ?
Crosstalk adalah interferensi gelombang magnetik yang berasal dari sinyal listrik pada tiap kabel yang menghubungkan pin pada kabel, Hal ini terjadi karena menurut hukum fisika di setiap listrik yang mengalir akan menghasilkan medan magnet, dan medan magnet tersebut akan menghambat sinyal data yang di transfer.

Pada ethernet 10/100 Mbps dari 8 pin yang ada hanya pin 1-2-3-6 saja yang digunakan, masing-masing terdiri dari pasangan Transmit pin (Tx) dan Receive pin (Rx).

ada konfigurasi warna “semau kita”, pin 1-2 akan saling mematikan crosstalk, namun pada pin 3 dan 6 crosstalk akan terjadi dan semakin menguat seiring dengan jarak tempuh sinyal, karena pasangan kabel mereka tidak menghantarkan sinyal untuk mematikan crosstalk.


Kesimpulan :

  • ·         Standar diciptakan oleh para ahli dengan alasan yang kuat, dalam kasus ini baik T568A/B merupakan kombinasi pengkabelan terstruktur yang mampu menghindari interferensi crosstalk.
  • ·        Kombinasi selain T568A atau T568B sangat mungkin dilakukan jika sudah mengerti rumusnya. Hanya gunakan 4 kabel dalam 2 pasang pilinan pada pin 1-2-3-6.
  • ·    Untuk konfigurasi kabel semau gue tetap bisa digunakan namun panjang kabel nantinya tidak bisa hingga 100m.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls